Spesifikasi OPPO A39 dan Harganya Terbaru Maret 2018 [LENGKAP]

Suka selfie dan foto-foto dengan budget dibawah 3 jutaan? Oppo A39 mungkin bisa menjadi solusi sobat. Hai sobat semua pada artikel ini saya akan mengulas Spesifikasi Oppo A39 dan harganya terbaru.

Oppo memang menjadi salah satu brand yang fokus di pangsa Smartphone Indonesia. Brand Tiongkok ini menjadi brand terbesar ke-3 di Indonesia.

Oppo sendiri lebih cenderung menyasar mereka-mereka yang hobi berfoto dan selfie ditandai dengan smartphone-smartphone flagship mereka yang memang fokus ke sektor kamera. Salah satunya adalah si Oppo A39 ini.

Walaupun saat saya menulis artikel ini Oppo A39 telah dirilis hampir satu tahun lalu namun menurut saya masih dapat bersaing dengan smartphone-smartphone sekarang ini dengan range harga yang sama.

Walaupun fokus ke bagian kamera, namun Oppo tidak mengabaikan sektor lain seperti desain, performa, dan fitur-fitur tambahan lain yang menurut saya sangat berguna sekali.

Nah penasaran seperti apa review dan spesifikasi Oppo A39 lengkap dan juga kelebihan kekurangannya? Berikut ini ulasannya untuk sobat LambeTekno.com semua.

Spesifikasi OPPO A39 Lengkap

Spesifikasi Oppo A39 Lengkap

Dimensi, Berat & Warna
Tinggi149.1 mm
Lebar72.9 mm
Berat147 gram
Ketipisan7.65 mm
WarnaGold dan Rose Gold
Dapur Pacu
ChipsetMediatek MT6750
CPUOcta-core 1.5 GHz Cortex-A53
OSColorOS 3.0, based on Android 5.1 (Lollipop)
GPUMali-T860 MP2
Penyimpanan
RAM3 GB
Internal32 GB
EksternalUp to 256 GB
Kamera
Kamera Belakang (Rear Camera)13-megapixel
Kamera Depan (Front Camera)5-megapixel
FlashLED Flash
FiturAperture f/2.0, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, beauty, timelapse, UltraHD, Expert Mode
Video1080p@30fps (B)
720p@30fps (D)
Baterai
TipeNon-removable Li-Ion 2900 mAh
Jaringan
Tipe SIM CardDual Nano-SIM Cards
2G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
3G NetworkHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G NetworkLTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) 41(2500)
GPSAda
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta warna
Luas5.2 inches
ResolusiHD (1280 by 720 pixels)
PelindungGorilla Glass 4
Data
KecepatanHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
USBmicroUSB V2.0
OTGBisa
NFC-
Audio
Fitur ringtonesVibration, MP3, WAV
Jack3.5 mm Jack Audio
LoudspeakerYa
Sensor
AccelerometerAda
ProximityAda
GyroscopeAda
CompassAda
FingerprintTidak Ada
Light SensorAda
Lainnya
BrowserHTML5
Dalam Box
OPPO A39
Micro USB cable
Charger
Earphones
SIM ejector tool
Buku Panduan dan Kartu Garansi
Spesifikasi Smartphone OPPO Terbaru Lainnya

Nah itu dia spesifikasi oppo a39 kamera depan, kamera belakang, dapur pacu dan lainnya. Selanjutnya kita ulas beberapa sektor yang menurut saya penting. Berikut ini ulasan lengkap Oppo A39.

Review OPPO A39 Berbagai Sektor

#Sektor Kamera

Harga Oppo A39 Terbaru

Source: oppo.com

Karena kamera adalah bagian yang menjadi nilai jual utama dari Smartphone ini, maka saya akan mereview terlebih dahulu bagian kamera Oppo A39 ini.

Smartphone ini memiliki spesifikasi kamera depan dengan resolusi 5 MP. Walaupun resolusinya kecil, gambar yang dihasilkan cukup bagus untuk range harga yang sama.

Ada mode beauty dan filter yang beragam yang bisa sobat coba. Tidak ada LED Flash untuk kamera depannya, namun supaya gambar yang dihasilkan menjadi lebih terang, Oppo menggantinya dengan Screen Flash. Untuk kamu yang suka selfie, kamera Oppo ini sangat bisa diandalkan.

Oh ya kamera depan Oppo A39 ini dapat merekam hingga resolusi HD 720p yang hasilnya juga lumayan bagus.

Nah kita berpindah ke kamera utamanya ya. Hadir dengan resolusi 13 MP, Oppo menanamkan banyak mode yang bisa sobat terapkan.

Mulai dari mode beauty, panorama, timelapse, ultra HD, expert mode dan lainnya. Nah kita bahas beberapa modenya ya.

Mode beauty sendiri saya pikir menjadi mode unggulan ya di setiap smartphone Oppo. Ada juga mode UltraHD yang digadang-gadang bisa mengambil gambar dengan resolusi hingga 50MP.

Kamu juga bisa mengatur kamera secara manual seperti mengatur ISO dan lain sebagainya. Cocok sekali bagi kamu yang hobi Fotografi karena gak perlu bawa kamera, cukup dengan kamera smartphone saja semua bisa terhandle.

Untuk kamera belakang bisa merekam hingga resolusi Full HD 1080p. Namun seperti layaknya kamera-kamera lain, jika dalam kondisi kurang cahaya, gambar yang dihasilkan kurang bagus, terdapat noise-noise yang muncul.

Tapi overall menurut saya kamera dari Oppo A39 ini cukup bagus dan sekali lagi, cocok untuk kamu yang suka berfoto.

#Sektor Desain

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39

Next kita menuju ke sektor desain ya. Tidak ada yang berbeda dari desain Oppo A39 ini ya. Desainnya mirip smartphone-smartphone sekarang pada umumnya yang berkiblat ke iPhone. Ya sekilas memang desain dari smartphone ini mirip dengan iPhone.

Terdapat 2 pilihan warna Oppo A39 yang bisa sobat pilih yaitu Gold dan Rose Gold. Untuk gambar bisa sobat lihat diatas ya.

Untuk bagian body, Oppo A39 terbalut dengan bahan Magnesium Aluminium Alloy yang bila dilihat sekilas mirip seperti metal ya, tapi aslinya tidak.

Untuk bagian depan smartphone ini memiliki warna putih bersih dengan tombol Capacitive yang tidak dilengkapi dengan backlight ya. Jadi untuk kondisi kurang cahaya jangan kaget jika sobat sering salah-salah menyentuh tombolnya.

Terdapat juga LED notifikasi yang berwarna putih, jadi agak tidak kelihatan ya karena warnanya sama dengan warna bagian depannya.

Bagian kanan terdapat tombol power sedangkan untuk bagian kanan terdapat tombol volume. Untuk peletakan speaker, lubang USB, dan jack audio terletak pada bagian bawah ya, jadi untuk bagian atas polos tidak ada lubang apapun.

Oh ya hampir lupa membahas ukurannya. Memiliki ukuran 149.1 x 72.9 x 7.65 mm dengan bobot 147 gram yang menurut saya masih nyaman untuk penggunaan satu tangan.

#Sektor Layar

Untuk bagian layar Oppo A39 menggunakan layar tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta warna dengan rentang layar 5.2 inch yang memiliki resolusi HD. Jadi untuk kalian yang hobi nonton film atau main game, layar Oppo A39 ini sangat jernih.

Smartphone ini sudah dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass 4 sehingga sobat tidak perlu khawatir akan goresan.

Desain layar sedikit melengkung dibagian kirinya 2.5D yang membuatnya terlihat lebih premium. Saya sendiri suka dengan desain layar yang sedikit melengkung karena terlihat keren dilihat menurut saya.

Namun jika kita ingin memasang pelindung layar, kita harus cari yang original sesuai dengan tipe smartphone kita, jika tidak maka pelindung layar tidak bisa terpasang sempurna. Tapi kan Oppo A39 ini sudah memiliki pelindung bawaan jadi menurut saya tidak perlu diberi tambahan pelindung lagi.

#Sektor Performa

Nah kita menuju ke sektor yang menurut saya paling penting. Untuk bagian performa menurut saya Oppo A39 ini tidak perlu diragukan lagi.

Hadir dengan dibekali dapur pacu Mediatek MT6750 dengan processor Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan untuk masalah grafis, pada Oppo A39 ditanamkan GPU Mali-T860 MP2.

Dengan spesifikasi oppo A39 yang segahar itu, tentunya Multitasking dan main game bukanlah hal yang berat untuk dilakukan oleh smartphone ini ya. Hal itu juga tidak lepas karena ukuran RAM yang jumbo. Ya Oppo A39 memiliki RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB.

Tidak hanya itu, jika masih kurang sobat bisa menambahkan slot Micro-SD dengan ukuran hingga 256GB dan yang pasti bukan hybrid ya. Jadi sobat bisa memasang 2 slot sim dan micro-sd bersamaan.

Jadi sobat tidak perlu khawatir akan kekurangan tempat untuk menyimpan data-data sobat seperti foto dan data-data game yang mana sekarang ini sizenya udah gede-gede.

Pada saat di tes Antutu, Oppo A39 ini menyentuh angka 40.000 an, angka yang menurut saya cukup tinggi ya untuk smartphone dikelasnya. Namun cukup disayangkan ya, Oppo A39 ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2900mAh.

Lebih buruknya lagi, smartphone ini belum support fast charging, jadi butuh waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi daya dari 15% sampai penuh.

Namun hal tersebut diperbaiki dengan konsumsi daya yang cukup irit. Mungkin karena menggunakan ColorOS V3 yang membuat konsumsi dayanya cukup minim, itu menurut saya ya.

Selain itu tampilan ColorOS yang minimalis serta banyak customization membuat kita bisa mengganti theme, font sesuai keinginan kita.

Oh ya pada saat awal perilisannya, Oppo A39 masih menggunakan OS Android V5.1 (Lollipop) yang bisa dibilang sekarang sudah ketinggalan zaman ya. Tapi mungkin sudah ada upgrade OS sekarang ini.

Kesimpulan untuk sektor performa menurut saya sangat mengesankan. Multitasking dan main game-game berat tidak menjadi masalah pada smartphone ini, yang kurang mungkin hanya kapasitas baterainya saja yang menurut saya kurang besar.

#Info Lainnya

Ada beberapa info yang ingin saya sampaikan. Diantaranya Oppo A39 ini sudah support 4G dikedua slot SIM nya. Selain itu terdapat beberapa fitur yang sempat saya sebutkan diatas tadi. Ya ada fitur Gesture Motion dan Double Tap.

Jadi dengan adanya fitur Gesture Motion kita bisa membuat pattern untuk mengakses aplikasi-aplikasi tertentu dengan cepat. Gesture Motion ini dijalankan saat kondisi layar mati ya.

Ada juga fitur Double Tap to wake up. Pada Oppo A39 ini sangat disayangkan sekali tidak dibekali dengan sensor sidik jari. Padahal sekarang ini smartphone harga 1 jutaan saja sudah dilengkapi dengan Fingerprint sensor.

Nah itulah kegunaan dari Double Tap, dengan 2 kali tap kita bisa menghidupkan layar, jadi tidak perlu memencet tombol power.

Hal lain adalah masalah speaker yang menurut beberapa sumber suaranya kurang keras, jadi jika sobat mendengarkan musik di outdoor suaranya akan sangat pelan sekali. Apa karena Oppo lebih memprioritaskan sektor kamera ya jadi sektor ini sedikit diabaikan? Entahlah hanya Oppo yang tahu.

Harga Oppo A39 Terbaru

Untuk harga Oppo A39 baru sendiri harganya masih berada di rentang Rp.2.700.000. Untuk harga Oppo A39 bekas berbeda-beda ya, tergantung kondisi devicenya sendiri. Kalau masih oke saya rasa harganya masih diangka Rp.2 jutaan.

Nah jika sobat ingin harga yang lebih murah, sobat silahkan baca Spesifikasi Oppo A37 yang memiliki harga jauh lebih murah dan hampir sama dengan spesifikasi oppo a39

Atau sobat juga bisa membeli Xiaomi Redmi 4X yang memiliki spek lebih tinggi dan harga lebih murah, silahkan baca review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 4X.

Harga diatas itu sudah harga resmi ya, mungkin sobat bisa mendengar harga yang lebih murah, namun perlu dipertanyakan lagi apakah itu garansi resmi atau tidak. Saya sangat menyarankan untuk membeli yang garansi resmi saja karena lebih aman.

Menurut sobat harga Oppo A39 terbaru ini murah atau mahal? Tulis dikolom komentar ya 🙂

#Kesimpulan

Kita berada di akhir artikel nih sob, nah untuk meyakinkan sobat kembali untuk membeli atau tidak membeli Oppo A39 ini, berikut ini rangkuman spesifikasi oppo a39 kelebihan dan kekurangan yang sudah kita bahas tadi.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39
KelebihanKekurangan
Kamera belakang yang sangat jernih dan mampu merekam hingga resolusi full hd pada 30 fps. Kamera depan juga sangat cocok untuk kamu yang suka selfieBaterai hanya 2900 mAh dan tidak fast charging
Dibekali dengan dapur pacu yang handal dan membuat multitasking semakin smoothTombol capacitive tidak dilengkapi backlight
Desain keren dan cukup tipisTidak ada fingerprint sensor
Layar sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 4 dan melengkung sedikitSpeaker kurang kera
Layar tajam, enak untuk nonton film dan main game
Sensor yang lengkap termasuk G-Sensor

Sekian artikel mengenai spesifikasi Oppo A39 dan harganya, semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan atau kesalahan review dari saya silahkan komen dibawah ya, terima kasih 🙂

Leave a Reply