2 Tips Ampuh Cara Mengatasi Android Terkena Virus Iklan

Hai teman-teman, pasti kalian kesel banget kan jika android kalian tiba-tiba sering muncul iklan dilayar? sering terinstal aplikasi lain tanpa sepengetahuan kita, apalagi iklan tersebut sulit untuk dikeluarkan, serasa mau berkata kasar iya kan hehehe. Untuk itu kali ini saya mau berbagi cara mengatasi Android terkena virus iklan untuk Anda semua yang terbukti ampuh.

Anda mungkin juga sering bertanya kenapa sering muncul iklan di android?, nah maka artikel ini akan menjawabnya.

cara mengatasi android terkena virus iklan

Nah apa saja penyebab Android terkena virus iklan?

Iklan seperti ini biasa disebut dengan iklan abal-abal atau kena virus adware atau malware.

Bagaimana virus tersebut bisa masuk?

Perlu kita ketahui penyebab bisa masuknya virus ini ke android anda. Jika kalian pernah browsing di web atau situs apapun kemudian tiba-tiba muncul tulisan “Bahaya HP anda Terkena Virus Harap instal Antivirus” Lalu anda install aplikasi tersebut dan itulah penyebab utamanya.

Atau anda install game diluar anda mendownload dari Google Play Store kemungkinan aplikasi tersebut sudah disisipi malware atau virus. Virus dan malware ini akan terus semakin gana ketiak HP anda terhubung ke jaringan internet.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Caranya jika ingin mendownload aplikasi maka download-lah aplikasi di appstore yang aman dan terpercaya seperti di Google Play Store.

Umumnya virus dan malware yang menyerang bernama “TimeService“.

Cara Mengatasi Android Terkena Virus Iklan

Ciri-ciri utama HP android kamu terkena virus ini:

#1. Batrai cepat boros

Android Anda tak banyak dipakai, namun baterainya mudah terkuras. Malware atau Malicious Software (software berbahaya) akan menguras baterai karena berjalan tanpa kontrol. Itu biasanya karena adware, ataupun malware serupa spam. Adware ini agresif menampilkan beragam iklan, yang daya serap baterainya seperti menjalankan aplikasi.

BACA JUGA  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android KECE di Sosmed Tanpa Skill Editing

2. Konsumsi Data Naik Drastis

Serupa dengan keganjilan atas tagihan telepon, apabila penggunaan data meningkat secara cepat dan drastis bisa jadi karena kelakukan virus. Malware jenis ini menyerang penggunaan paket data.

Hal ini bisa dilihat dari terjadinya perubahan pola upload dan download, jika pada ponsel Android Anda terjadi kegiatan upload dan download yang mencurigakan pertanda ada seseorang atau sesuatu yang sedang memanfaatkan koneksi internet perangkat Anda.

3. Muncul iklan melayang di layar HP

Iklan melayang atau Pop up ini bisa jadi peyebab Android terkena virus. Umumnya Iklan Pop up tersebut muncul jika membuka aplikasi atau software tertentu.

Jika Pop up yang muncul saat tidak membukan aplikasi biasanya dari Samrtphone itu sendiri atau dari Virus malware berbahaya. Hal ini perlu diatasi karena jika sebelumnya tidak pernah muncul iklan, setelahnya muncul biasanya dikerjakan oleh Malware.

Cara mengatasinya ilah dengan hapus chance dan jika masih ada maka jangan klik iklan tersebut. Hal ini untuk menghindari masuknya malware yang berasal dari suatu situs.

4. Tentunya lemot dan ngelag

Apabila kita menggunakan ponsel sesuai dengan porsinya, maka ponsel Android kita akan berjalan dengan baik. Namun jika Anda menggunakan sesuai dengan porsinya namun Android Anda mengalami kelambatan, bisa jadi disusupi oleh Malware.

Apabila HP Android Anda lemot, silahkan baca artikel ini 4 Cara Mengatasi Hp Android Lemot Menggunakan Aplikasi yang sudah saya buat sebelumnya.

Tidak cuma itu, ponsel yang ngelag biasanya akan lebih cepat panas, untuk itu Anda juga harus membaca artikel ini 7 Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas agar hal itu tidak terjadi pada Anda.

BACA JUGA  Tutorial Cara Menghapus Akun Twitter Terbaru BESERTA GAMBARNYA

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terkena virus tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Ya, mungkin kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini: Silahkan simak cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di android.

Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root

# Cara manual atau tanpa bantuan aplikasi (mengandalkan ingatan – mungkin efektif) :

  • Lihatlah apakah ada aplikasi dicurigai yang tiba-tiba muncul di android Anda walau tidak pernah memasangnya sama sekali, jika ya hapus aplikasi tersebut.
  • Apabila tidak, coba ingat-ingat app apa yang terakhir Anda pasang sebelum iklan tersebut muncul, jika sudah lalu coba copot pemasangannya karena bisa jadi aplikasi tersebut terjangkit virus penyebab iklan popup.

# Instal Antivirus

Cara Mengatasi Android Terkena Virus Iklan yang selanjutnya Anda bisa menggunakan beberapa antivirus yang cukup terkenal seperti Internet Security, AVAST mobile Security, CCleaner dan lain-lain. Ingat, jangan menggunakan lebih dari 1 Antivirus karena itu akan membuat performa smartphone Anda menjadi buruk. Setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Untuk rekomendasi Antivirus terbaik bisa baca artikel ini: 5 Antivirus Terbaik Untuk Android.

  • Lakukan scanning

Scanning berguna untuk mendeteksi virus yang mungkin menempel pada smarthphone android setelah kamu melakukan penginstalana anti virus tersebut. Dengan melakukan scanning, kamu akan mengetahui kondisi dari smartphone kamu.

  • Uninstal aplikasi yang sudah terinfeksi

Jika hasil scanning menunjukkan adanya aplikasi yang terinfeksi,maka ada baiknya melakukan pembersihan. Atau ika tidak, uninstall aplikasi tersebut. Untuk melakukan hal ini kamu hanya perlu masuk ke pengaturan > Aplikasi > Atur Aplikasi, setelah itu pilih aplikasi yang akan kamu uninstall dan hapus instalan tersebut.

  • Lakukan Factory Reset

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan tips mudah mendeteksi dan membersihkan virus selanjutnya, yakni melakukan factory riset.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Android Kamera Gagal Pada Samsung Terampuh

Sebaiknya kamu berhati-hati karena melakukan factory reset, semua data yang Anda miliki akan tehapus.oleh karena itu, ada baiknya Anda mem-backup data yang dirasa cukup penting.

Untuk melakuka factory reset, kamu perlu masuk ke pengaturan > privasi . Setelah itu klik reset data pabrik. Jika Anda tidak ingin menghapus data yang terdapat pada memory card, maka jangan centang pilihan format penyimpanan USB.

Itu dia beberapa tips, solusi dan cara mengatasi android terkena virus iklan dari LambeTekno.com. Kita tidak butuh Antivirus apabila cara manual sudah bisa mengatasinya, sekian dan jangan sungkan untuk share artikel ini jika memang bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply