Lambe Tekno

Gudang Berita Tips Tutorial Smartphone Terupdate

4 Cara Mengatasi Android Sering Muncul Iklan Pop Up Sendiri

Sering kali kita menjumpai iklan ketika sedang menggunakan smartphone kita, entah itu ketika sedang browsing atau mengakses suatu aplikasi. Terkadang juga iklan tiba-tiba muncul walau kita tidak sedang melakukan 2 aktivitas tersebut. Hati-hati, bisa jadi hp kamu terkena adware, berikut tips cara mengatasi Android sering muncul iklan mengganggu.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, ada beberapa jenis iklan, dari mulai iklan yang normal (seperti yang kamu lihat pada blog ini) hingga iklan yang mengganggu dan memaksa kamu untuk melihatnya.

Menjengkelkan memang kalau mendapat iklan seperti itu. Contoh iklan-iklan yang mengganggu seperti iklan Pop Up yang tiba-tiba muncul tanpa kita sadari. Tidak hanya mengganggu, terkadang iklan jenis ini juga menyimpan file-file berbahaya yang tanpa disadari sudah terinstall di smartphone kamu.

Itulah cikal bakal munculnya iklan secara tiba-tiba yang pastinya sangat mengganggu aktivitas kamu.

Tapi tenang, berikut ini admin sudah menyiapkan tips cara mengatasi hp Android sering muncul iklan sendiri.

Cara Mengatasi Android Sering Muncul Iklan

Cara Mengatasi Android Sering Muncul Iklan Pop Up

Sebelum lebih jauh, ada baiknya untuk kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang memicu munculnya iklan secara tiba-tiba di smartphone kamu.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa hp Android sering muncul iklan

  1. Mengunduh aplikasi selain di Play Store (aplikasi/game MOD)
  2. Suka mengakses situs-situs yang tidak jelas (biasanya situs download atau situs ilegal lainnya)
  3. Mengklik iklan-iklan aneh pada suatu situs (contohnya iklan “Ponsel Kamu Terkena Virus” dll)
  4. Memasang Custom ROM yang tidak jelas keamanannya

Itu tadi beberapa penyebab umum kenapa hp Android kamu terkena virus iklan atau sering muncul iklan tiba-tiba. Nah jika sudah tau penyebabnya, cara mencegahnya adalah dengan mendownload aplikasi/game hanya dari Play Store saja dan jangan mengakses situs-situs aneh yang membahayakan.

Lalu, bagaimana solusinya untuk yang sudah terkena virus ini?

Oke, berikut ini cara mengatasi Android yang sering muncul iklan sendiri…

#1. Nyalakan Fitur Pop Up Blocker

Nah sebelum mengaktifkan fitur ini, admin menyarankan hanya gunakan browser terpercaya dan tentunya sudah terupdate.

Saran admin, kamu bisa menggunakan browser Google Chrome atau Firefox, tapi kalau itu memberatkan hp mu, kamu bisa baca beberapa alternatif browser lain berikut ini

BACA JUGA  7 Browser Android Terbaik Tanpa Iklan (Rekomendasi 2020)

Nah khusus untuk kamu pengguna Chrome dan Firefox, kamu bisa klik Cara Memblokir Iklan Popup di Chrome dan Firefox

Nah cara menghilangkan iklan di chrome android ini bisa membantu untuk kamu yang punya masalah muncul iklan ketika sedang browsing, tapi jika iklan popup muncul bukan saat browsing atau tiba-tiba muncul bahkan ketika sedang tidak melakukan aktivitas apapun, ikuti langkah selanjutnya…

#2. Aktifkan Fitur Play Protect

Fitur ini bisa diibaratkan sebagai pengawas hp kita. Jadi nantinya fitur Play Protect akan mengawasi setiap aplikasi yang akan kita install dan melakukan pengawasan secara berkala aplikasi-aplikasi yang sudah kita install.

Jika terdapat aplikasi yang terdeteksi bahaya, maka segera uninstall aplikasi tersebut karena bisa jadi sumber munculnya iklan adalah dari aplikasi itu.

Cara mengaktifkan fitur ini pertama kamu buka Play Store –> Klik icon 3 garis –> Klik Play Protect –> Klik Icon Bergerigi –> Aktifkan Scan Apps With Play Protect dan Improve Harmful App Detection, lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah

Cara Mengaktifkan Fitur Play Protect

#3. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Nah apabila setelah mengaktifkan Play Protect, popup iklan masih tetap muncul cara yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang mencurigakan secara manual.

Caranya kamu masuk ke setting –> aplikasi –> dan cari aplikasi mencurigakan yang tidak kamu ketahui.

Hal ini sedikit sulit mengingat ada banyak aplikasi-aplikasi sistem yang mungkin tidak familiar, untuk itu hati-hati dan pastikan jangan menghapus aplikasi sistem tersebut.

Ada beberapa clue yang bisa kamu pakai ketika hendak mencari aplikasi adware ini.

Biasanya aplikasi tersebut memiliki thumbnail (icon) berwarna sama dengan background dan tidak memiliki nama, sehingga membuatnya seolah-olah tidak ada. Kamu bisa mengecek apabila ada keterangan size tapi tidak ada aplikasinya, bisa dipastikan itu biang keladinya. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah…

Cara Menghilangkan Aplikasi Adware

#4. Factory Reset

Nah cara menghilangkan iklan di android yang ke-4 ini merupakan cara pamungkas apabila cara-cara diatas tidak mempan untuk menghilangkan iklan yang sering muncul sendiri.

Caranya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik. Sebelum melakukannya, ada baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu data-data penting seperti foto, video, kontak dan lainnya.

Jika sudah, silahkan ikuti tutorial berikut ini…

Cara Factory Reset Hp Android

Nah itu dia tutorial cara menghilangkan pop up iklan di Android, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika mengakses suatu situs atau menginstall aplikasi, pastikan situs atau aplikasi tersebut aman untuk diakses.

ahmaulana

Semua yang berkilauan bukanlah emas ~Squarepants

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas