8 Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis Terbukti

Hai semua, kali ini LambeTekno.com akan membahas 8 cara mengatasi baterai Android yang cepat habis dengan tips yang ampuh tentunya.

Baterai adalah hal mendasar yang membantu untuk berfungsinya sebuah ponsel, tanpa baterai ponsel tidak dapat berjalan seutuhnya.

Pengalaman dalam pemakaian smartphone yang semakin meningkatkan kinerja untuk dapat bersaing lebih pada produk-produk yang berkeliaran diluar sana.

Dalam sistem kinerja smartphone sekarang dalam pembagian pemakain baterai tentunya semakin meningkat dengan adanya keefektifan pembagian pengelolaan baterai tetapi kemampuan itu tidak berlaku lama juga terhadap beberapa smartphone karena pada dasarnya baterai apapun pada smartphone akan memiliki batas kemampuan masing-masing atau dalam kata lain kemampuan baterai semakin lama akan semakin berkurang  atau aus dan itu masih batas normal.

Yang menjadi permasalahan adalah apabila baterai berkurang drastis atau sering ngedrop. Dalam pola pemakaian smartphone sebaiknya juga perlu diperhatikan layaknya manusia, jangan terlalu menekankan pada kinerja smartphone yang terlalu banyak itu juga berpengaruh pada performa baterai, seperti manusia sebetulnya smartphone juga butuh istirahat.

Sebaiknya penggunaan charge harus lebih dijaga mulai dari merk charging yang dipakai dan kapasitas atau tegangan yang pas untuk kategori ponsel smartphone masing-masing.

Coba anda melihat aplikasi-aplikasi yang menggunakan performa baterai secara berlebihan. Ada cara mengatasi android cepat lowbat antara lain:

8 Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis

#1. Mengubah Mode Baterai ke Hemat Daya

Dengan mengubah pengaturan pada baterai ke mode hemat daya dapat membantu mencegah baterai lebih lama habis. Biasanya mode hemat daya ini sudah ada pada beberapa ponsel smartphone sekarang ini dengan keunggulan masing-masing.

#2. Atur Tampilan Brightness Sesuai Kebutuhan

Sering-seringlah melihat kecerahan yang digunakan pada layar ponsel anda pada waktu dan keadaan waktu karena kecerahan layar juga dapat mempengaruhi baterai untuk lebih menguras kemampuannya dan kecerahan layar juga dapat berpengaruh pada kesehatan mata anda tentunya.

#3. Matikan Beberapa Fitur

Cara memperbaiki baterai android yang cepat habis selanjutnya adalah dengan mematikan beberapa fitur. Tentukan beberapa fitur yang digunakan, fitur yang dimaksud dalam ponsel ini seperti fitur Wi-Fi, GPS, Data Seluler dll. Biasanya fitur-fitur apabila dinyalakan secara bersamaan akan menguras daya baterai ponsel.

#4. Kenali Aplikasi-Aplikasi Yang Memakan Daya Baterai

Dalam ponsel tentunya mempunyai banyak aplikasi yang akan digunakan, tapi aplikasi yang kita gunakan apakah dapat mengimbangi dengan kemampuan ponselnya, lihailah dalam memilih aplikasi yang dapat lebih mengurangi kinerja ponsel terutama pada baterai. Apabila tidak diketahui beberapa aplikasi tersebut akan malah memperparah ponsel.

Selain membuat daya baterai menjadi cepat tekuras, aplikasi-aplikasi tersebut terkadang juga dapat mengakibatkan ponsel kita menjadi cepat panas, nah untuk mengatasinya silahkan Anda baca 10 Cara Mengatasi Android Cepat Panas

#5. Tambahkan Bantuan Aplikasi Penghemat Baterai

Sudah banyak aplikasi tambahan pada smartphone sekarang, terlebih dikhususkan dalam membantu proses kinerja baterai.

Yang dapat membantu lebih dalam mengontrol kinerja baterai saat beroperasi tetapi ada juga beberapa ponsel yang sudah sangat canggih dalam mengontrol kinerjanya seperti halnya OPPO Smartphone. Aplikasi penghemat baterai bisa dicari di play store antara lain seperti DU Batery Saver, C Battery Save, Mobo Clean.

#6. Atur Screen Time Out Sesuai Kebutuhan

Nah Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis selanjutnya adalah dengan mengatur Screen Time. Screen time yang dimaksud yaitu kemampuan layar saat menyala dengan jangka waktu tertentu, biasanya settingan screen time sudah ada sesuai bawaan ponselnya masing-masing berkisar antara 2 menit.

Cermatlah dalam mengatur screen time sesuai kebutuhan dan situasi tertentu apabila screen time terlalu lama juga mempengaruhi kinerja baterai lebih menurun drastis.

#7. Pilihlah Beberapa Widget Yang Berguna

Dalam mengatur widget yang ada pada layar ponsel dengan memilah widget apa yang dibutuhkan membantu mengurangi konsumsi daya kinerja baterai, karena widget yang ditampilkan pada layar ponsel jika terlalu banyak ternyata dapat memperboros daya baterai yang kemungkinan besar tidak diketahui oleh pengguna ponsel.

#8. Pengaturan Sinkronisasi

Nah cara mengatasi android cepat habis baterai yang terakhir adalah dengan mengatur sinkronisasi. Untuk mengatur sinkronisasi dapat ditemukan pada option Pengaturan Sinkronisasi & Akun, karena dalam pengaturan ini membantu teman-teman dalam memilih apa aplikasi yang benar-benar digunakan dalam situasi tertentu sesuai apa yang diinginkan.

Hal ini juga dapat digunakan untuk mengatasi jaringan internet yang lemot karena termakan oleh update atau sinkronisasi ini. Namun apabila internet Anda masih tetap lemot walau sudah menonaktifkan fitur ini, silahkan untuk baca artikel ini 8 cara mengatasi internet lemot pada Android.

Nah itu dia tips cara mengatasi baterai Android yang cepat habis, semoga bermanfaat dan jika bermanfaat silahkan untuk share ke yang lainnya ya…

Leave a Reply