Cara Mengatasi Android Bootloop Lewat PC Via Flashtool dan Odin

Android sobat bootloop atau stuck sampai logo doang? Bingung karena cara ini itu tidak berhasil? Oke mari kita bedah tips dan trik cara mengatasi Android Bootloop lewat PC atau komputer atau laptop.

Hai sobat LambeTekno.com, nah pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah tutorial mengenai bagaimana cara mengatasi android yang bootloop dengan pc yang tentunya kemungkinan besar ampuh untuk menyembuhkan penyakit pada smartphone sobat tersebut.

Oh ya bagi yang tidak tahu apa itu bootloop, saya akan menjelaskannya secara singkat ya. Jadi Bootloop itu kondisi dimana smartphone Android tidak dapat masuk ke sistem operasi melainkan hanya muncul logo dan mengulangi proses dari awal begitu seterusnya.

cara mengatasi bootloop android melalui pc

Bootloop juga sering disebut dengan istilah Gagal Booting. Kalau smartphone sobat dalam kondisi tersebut, salah satu jalan untuk menyembuhkannya ya dengan melakukan Flashing Ulang atau Install Ulang.

Nah untuk melakukan proses flashing ini diperlukan perangkat PC, menyiapkan stockrom sesuai tipe hp masing-masing, software untuk flashing, dan kabel data untuk transfer data dari PC ke hp.

Oke untuk mempermudah, berikut ini saya akan buat list apa-apa saja yang perlu sobat siapkan sebelum melakukan proses flashing.

Cara Mengatasi Android Bootloop Lewat PC Terlengkap

Bahan-Bahan Untuk Melakukan Proses Flashing

  1. PC/Komputer/Laptop (saya memakai OS Windows)
  2. Software Flashing (SP Flash Tool, Odin, dll)
  3. Stockrom sesuai tipe hp masing-masing
  4. Driver sesuai tipe handphone
  5. Kabel Data
  6. Makanan dan Minuman (biar nggak laper pas lagi nge-flash heheheh)

Nah perlu diperhatikan untuk point nomor 2 yakni tentang software apa yang digunakan. Untuk hp-hp yang menggunakan processor Mediatex (MTK) seperti Infinix X551 milik saya bisa menggunakan SP Flash Tool. Untuk hp-hp Samsung menggunakan Odin yang mana dibuat sendiri oleh pihak Samsung, dan untuk merk lain seperti xiaomi bisa memakai software khusus untuk xiaomi yaitu MiFlash.

BACA JUGA  9 Cara Mengatasi Android Hilang Sinyal Wajib Dicoba

Intinya jika vendor hp telah menyediakan software flashing khusus ya pakai yang khusus saja.

Nah untuk mempersingkat, saya hanya akan menjelaskan cara memperbaiki android yang bootloop dengan pc khususnya memakai Flashtool dan Odin.

Silahkan ikuti tutorial berikut.

# Cara Mengatasi Bootloop Android Via PC dengan Flashtool

Untuk flashing hp Android menggunakan SP Flash Tool silahkan untuk mendownload terlebih dahulu softwarenya melalui link berikut ini :

Download SP Flash Tool Terbaru

Setelah terdownload, silahkan install driver sesuai dengan tipe hp sobat masing-masing. Untuk file downloadnya silahkan di googling ya dan untuk pemasangannya silahkan untuk dibaca-baca juga.

Selanjutnya download terlebih dahulu Stockrom sesuai dengan tipe hp sobat masing-masing, usahakan untuk cari di sumber yang sudah terpercaya seperti misalnya grup-grup facebook yang membahas tentang tipe hp sobat untuk menghindari file corrupt.

Setelah semua bahan diatas siap, kita lanjut ke tahapan eksekusi.

  1. Extract terlebih dahulu file-file yang sudah didownload tadi
  2. Buka SP Flash Tool melalui Flash_tool.exe, caranya klik kanan run as administrator.
  3. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini
  4. Setelah itu klik scatter-loading (1) kemudian cari dimana lokasi sobat meng-extract Firmware atau Stockrom, kemudian open file scatter tersebut (2)

    Cara Mengatasi Android Bootloop Lewat PC

    Klik Untuk Memperbesar

  5. Tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah ini dan kemudian klik Download

    cara mengatasi android yang bootloop dengan pc

    Klik Untuk Memperbesar

  6. Matikan ponsel Android sobat dengan mencopot baterainya (jika removeable) jika tidak dapat dilepas silahkan tahan tombol power selama beberapa detik
  7. Setelah ponsel dalam keadaan mati, silahkan hubungkan kabel data ke PC terlebih dahulu, selanjutnya silahkan hubungkan kabel data ke ponsel sobat, apabila tidak terdeteksi silahkan untuk memasang kembali baterainya sambil menekan tombol volume up atau down, namun jika masih gagal kemungkinan besar karena:
    • kabel data rusak (usahakan pakai yang ori)
    • kesalahan saat pemasangan driver, jadi silahkan diulangi prosesnya
  8. Jika terdeteksi maka proses flashing akan berjalan, tunggu saja sampai muncul lingkaran hijau dengan tanda centang

    cara mengatasi bootloop android via pc

    Klik Untuk Memperbesar

  9. Secara otomatis, ponsel sobat akan melakukan reboot, untuk proses awal ini biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, jadi silahkan tunggu sekitar 5-10 menit.

Itu dia cara mengatasi Android bootloop dengan flashtool, nah selanjutnya kita akan belajar cara memperbaiki android bootloop lewat pc menggunakan Odin. Simak tutorial lengkapnya dibawah ini…

UPDATE!!! Jika tidak ingin ribet memakai PC, silahkan coba 4 Langkah Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

# Cara Mengatasi Bootloop Android Melalui PC dengan Odin

Nah untuk cara mengatasi Android Bootloop lewat PC dengan memakai software Odin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Supaya tidak bingung, maka saya sudah membuat artikel tersendiri mengenai cara flash Android menggunakan Odin yang bisa sobat akses melalui link dibawah ini

Cara Menggunakan Odin Multi Downloader

Nah saya rasa sekian artikel dari saya mengenai cara mengatasi Android bootloop lewat pc, semoga bermanfaat dan apabila ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan-sungkan untuk mengetikannya di kolom komentar dibawah.

Terima kasih 🙂

23 Comments

Leave a Reply