6 Cara Mengatasi Android Google Play Telah Berhenti AMPUH

6 Cara Mengatasi Android Google Play Telah Berhenti AMPUH

Ingin tahu cara mengatasi Android Google Play telah berhenti, simak ulasan LambeTekno.com berikut ini.

Umumnya pasti kalian sering mengunduh aplikasi yang ada dalam google Play Store dan tersedia dengan jumlah yang banyak dan lengkap yang resmi maupun tidak dan disitu terdapat aplikasi yang berbayar atau yang gratis dan kita bisa menginstall kapan pun dimana pun kita mau.

Sayangnya aplikasi Google Play Store juga kadang memiliki ganjalan gangguan yang paling sering merupakan munculnya naskah di sayangkan Google Play Store sudah mogok.

Munculnya gangguan tidak cuma disaat kita mendownload aplikasi di Google Play Store apalagi kadang sering unjuk disayangkan Google Play Store sudah mogok ketika asik-asik browsing.

Cara Mengatasi Android Google Play Telah Berhenti

cara mengatasi android google play telah berhenti

Sayangnya google play store telah berhenti solusinya gimana??? Simak dibawah ini.

#1. Disable Update Aplikasi

biasanya pembaruan versi terbaru Play Store tidak seimbang atau seperti dengan versi android yang kita miliki, jadi waktu update tersedia dan kita melakukannya, maka akan terjadi error jika memang hal tersebut tidak cocok.

Cara menanggulanginya , silahkan kamu masuk dalam Pengaturan >Aplikasi > Semua dan pilih Play Store. lalu tap Copot Pembaruan, otomatis Play Store anda kembali ke versi jadul atau sebelumnya.

#2. Hapus Cache

Cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka yang kedua yaitu dengan menghapus cache.

Mungkin ini yang selalu jadi masalah utama saat Google Play Store Telah Berhenti. kamu terlalu lalai merawat ponsel androidmu dan membiarkan aplikasi yang ada dalam androidmu menumpuk dan kamu enggan untuk mengeluarkanya, sehingga kamu mengabaikan bagian paling penting yakni untuk menghapus cache.

BACA JUGA  Cara Mengunci Jaringan 4G di Android [SEMUA MERK BISA]

Dan cara mendapatkan bagian ini, silahkan kamu bisa masuk dalam Pengaturan > Aplikasi > Play Store dan pilih Hapus Cache.

#3. Hapus Data

Kadang-kadang kita harus melakukan hal ini, yaitu menghapus history data login yang terdapat pada Play Store sehingga nanti aplikasi tersebut meminta kita untuk login kembali.

Dan jangan khawatir karena tidak akan menghapus atau menghilangkan data data yang ada di dalamnya Masih di tempat yang sama, sekarang pilih Hapus data. 

#4. Reboot atau Matikan Ulang Perangkat

Jika semua diatas sudah kalian coba lakukan, sekarang coba anda matikan lalu hidupkan kembali smartphone anda (reboot). Untuk mengembalikan performa ponsel anda seperti semula, dan agar proses aplikasi berjalan dari awal lagi. 

#5. Gunakan Aplikasi Cleaner untuk Mengantisipasi Cache

Banyak aplikasi pembersih yang bisa kalian gunakan untuk meminimalisir cache di Android. Misalnya CleanMaster SuperClean Ccleaner dan masih banyak lagi, Cleaner juga dapat membersihkan virus yang ada di android kalian, aplikasi ini juga akan setiap saat menjaga kesehatan smartphone anda. Silahkan pasang di Play Store. 

#6. Gunakan 9apps APK (Aplikasi pengganti Play Store)

Last but not least, sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti cara mengatasinya sebagai berikut…

Bila hal yang ada diatas sudah kamu lakukan dan hasilnya tetap Google Play Store terhenti, maka cara terakhir yaitu dengan bantuan alternatif lainnya kalian bisa menggunakan aplikasi pengganti Play Store yang bernama 9Apps. 

Kelebihan 9Apps

  • Tidak perlu login
  • Download aplikasi APK gratis
  • Banyak pilihan
  • Ringan (ukuran 3MB)

Mudah-mudahan tips dan trik  cara mengatasi Android Google Play telah berhenti yang ada diatas dapat membantu kalian semua mengatasi gangguan-gangguan pada android kalian masing-masing, semoga dengan tutorial cara mengatasi sayangnya layanan google play telah berhenti diatas bisa membantu anda, dan lakukan dengan resikonya ya.

BACA JUGA  Cara Membuat Akun Gmail Tanpa No Hp di Android (WORK 100%)

Selamat mencoba, jika kalian memiliki hal hal yang ingin kalian sampaikan kalian bisa menyerukan komentar yang sudah kami sediakan di bawah, dengan senang hati kami akan menjawab.

11 Comments

  1. Layanan google play terus terhenti
    Sudah mencoba cara seperti postingan d atas…tp tetep aja keluar
    Tulisan
    Layanan google play terhenti terus
    X tutup aplikasi
    Cara mengatasi nya lagi gmn ya….

    1. Terima kasih mbak Yanti atas pertanyaannya. Jadi apabila cara-cara diatas sudah dilakukan namun hasilnya nihil, maka solusi lain adalah dengan me-reset hp kamu. Tapi perlu diingat, sebelum melakukan reset ada baiknya untuk memindahkan terlebih dahulu file-file penting ke SD Card atau ke PC dan jangan lupa untuk melakukan back up pesan chat serta kontak supaya tidak hilang. Jika ada pertanyaan lain jangan sungkan untuk bertanya lagi ya 🙂

  2. kalau ngikutin tutorial udah, di restar juga udah. tapi tetap kaya gmna gan?// ..

    1. Solusi terakhir silahkan di install ulang hpnya

  3. trima kasih ya..
    saya pake cara #1 langsung berhasil

    1. Sama-sama, senang bisa membantu 🙂

      1. aisyah desta listiyani berkata:

        Dengan menggunakan tahap pertama, apakah google playstore bisa kembali berfungsi? Soalnya saya baru instal ulang, awalnya lancar, tapi lama lama playstore berhenti lagi. Saya takut dengan saya melakukan tahap pertama semua data dan apl yang tersedia tidak lagi ada.

  4. Tapi kok di android saya.
    Buat buka youtube gai bisa ngeh.
    Malah ada tulisan .perangkat anda telah berhenti.
    Ini magsudt e gimana ya

    1. Coba pergi ke setting –> Aplikasi –> terus cari aplikasi Youtube dan clear data, lalu restart. Jika masih sama solusi terakhir di Install ulang saja. ~Alan

  5. Akun saya masih nyangkut d hp xiaomi redmi 3 jd google play store sya tdk bs d buka gmn cara na agar play store saya bs d buka lagi dengan akun yg sama yg nuangkut d hp xiaomi redmi3 saya mhon penjelsan na gan

    1. Terima kasih atas pertanyaannya, bisa tolong dijelaskan lagi device yang sekarang Anda pakai apa, apakah Xiaomi Redmi 3 itu atau hp lain, saya kurang begitu paham. ~Alan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *