Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Hp Android 2020

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Hp Android 2020

Pasti kamu sedang pusing kan karena tiba-tiba muncul pemberitahuan sayangnya aplikasi telah berhenti di hp Androidmu? Tenang, admin sudah menyiapkan tutorial cara mengatasi aplikasi telah berhenti Android.

Masalah ini sering dialami, terutama untuk hp-hp yang memiliki sistem operasi jadul atau tidak pernah diupdate.

Namun, terkadang smartphone dengan sistem operasi terbaru pun tidak luput mengalami permasalahan ini. Untuk itu admin juga akan membagikan beberapa penyebab aplikasi terhenti atau force close dengan sendirinya. Jadi silahkan disimak terus ya.

Penyebab Aplikasi Terus Berhenti di Hp Android

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti

Sebelum melangkah ke solusi, admin akan membahas terlebih dahulu beberapa penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti di Android.

Karena kita tidak akan mendapatkan solusi kalau kita belum tahu penyebab pastinya permasalahan yang kita hadapi. Berikut ini beberapa penyebabnya:

#1. RAM penuh

RAM mempunyai peran penting saat anda membuka aplikasi tertentu. Karena saat anda membuka aplikasi, komponen android yang mempertahankan aplikasi tetap terbuka adalah RAM. RAM akan cepat penuh jika tidak mempunyai kapasitas yang cukup memadai.

Dari beberapa kasus yang saya alami jika RAM penuh,aplikasi  secara otomatis tidak bisa berjalan dengan lancar bahkan membuat aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

#2. File cache menumpuk

File cache adalah file yang berisi data yang pernah anda akses dari aplikasi yang menggunakan jaringan internet.

Jika anda jarang membersihkan file cache maka file cache akan menumpuk yang mengakibatkan RAM menjadi berat dan lambat ketika menjalankan aplikasi. Dengan keadaan seperti ini bisa jadi membuat aplikasi menutup secara otomatis.

Untuk cara lengkapnya bisa Anda baca di 8 Cara Mengatasi Internet Lemot Pada Android.

#3. OS android tidak kompatibel

Seperti yang admin singgung diawal tadi, salah satu penyebab aplikasi terus berhenti adalah karena sistem operasi smartphone kamu yang tidak kompatibel dengan aplikasi-aplikasi terbaru saat ini.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Android Touchscreen Tidak Berfungsi Paling TOP

Misalnya, ada aplikasi yang pada requirementnya mengharuskan untuk running di hp dengan sistem operasi minimal Android Nougat, namun karena OS ponsel Android kamu dibawah versi tersebut (Lollipop misalnya), maka aplikasi tersebut tidak bisa berjalan di hp kamu.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Untuk aplikasi-aplikasi yang lama tidak diupdate oleh developernya, terkadang juga akan mengalami beberapa masalah ketika dijalankan pada OS Android terbaru.

Untuk itu pastikan keduanya (OS Android dan aplikasi yang ingin kamu install) saling support satu dengan yang lain.

#4. Data aplikasi corrupt

Kemungkinan besar data aplikasi corrupt bisa terjadi karena file obb anda unduh bukan melewati aplikasinya langsung melainkan dari website.

Hal ini terjadi bilamana aplikasi sudah melakukan pembaruan patch sehingga file obb tidak sinkron dengan aplikasinya. Menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka.

Itulah beberapa penyebab aplikasi terhenti. Setelah mengetahui sedikit penyebabnya admin akan melanjutkan pembahasan mengenai cara mengatasi aplikasi sering terhenti pada Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di Android

cara mengatasi sayangnya proses com.andriod.phone telah berhenti

# Restart android

Error dapat menyebabkan berbagai masalah. Entah itu sinyal maupun aplikasi. Aplikasi yang sudah terkena dampak error akan sulit untuk membukanya bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan me-restart android. Atau bisa dengan menonaktifkan android selama 5-10 menit kemudian aktifkan lagi. Android kamu akan kembali normal seperti sediakala.

# Matikan aplikasi yang berjalan di Latar belakang

Aplikasi akan berjalan normal jika RAM android kita tidak penuh. Hal terburuk yang akan terjadi jika RAM penuh adalah aplikasi tidak bisa dibuka.

Ketika kamu membuka suatu aplikasi, RAM-lah yang memproses agar aplikasi dapat berjalan dengan normal.

BACA JUGA  TOP 4 Aplikasi PDF Reader Terbaik untuk Membuka PDF di Android

Mungkin dari beberapa pengguna android sering kali tidak membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Padahal hal tersebut menyebabkan RAM masih terpakai untuk menjalan aplikasi yang ada di latar belakang. Sehingga tersisa sedikit ruang untuk menjalankan aplikasi yang akan dijalankan selanjutnya.

Cara mematikan atau menutup aplikasi di latar belakang sangatlah mudah.  Kamu tinggal tab list (berada di sebelah tombol home) yang langsung memunculkan aplikasi di latar belakang. Kemudian tinggal geser ke atas atau tab tombol “x”. Setiap android memiliki cara yang berbeda-beda.

# Hapus cache

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, cache menyebabkan RAM cepat penuh karena berisi data yang pernah kamu akses. Sehingga ketika kamu mengakses data tersebut akan lebih cepat terakses daripada sebelumnya.

Cache harus sering dibersihkan agar RAM lebih banyak mempunyai ruang untuk membuka aplikasi yang lain. Cara yang bisa kamu lakukan adalah buka pengaturan -> penyimpanan -> pembersih -> tab bersihkan.

Secara otomatis cache yang menumpuk akan dibersihkan. Kamu juga bisa membersihkan per-aplikasi yang ingin  dihapus cachenya.

Caranya buka pengaturan -> kelola aplikasi -> tab terunduh (untuk aplikasi yang kamu unduh) -> tab aplikasi yang ingin kamu pilih -> tab hapus cache.

Atau kamu juga bisa menggunakan Ccleaner atau clean master yang bisa diunduh melalui google play.

# Install ulang aplikasi

Terkadang terjadi data error dari aplikasi tersebut sehingga aplikasi tidak bisa di buka. Menginstall ulang aplikasi adalah pilihan yang baik. Meskipun memerlukan kuota internet yang lebih tetapi aplikasi yang kamu ingin jalankan akan kembali normal.

# Update aplikasi

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti selanjutnya adalah dengan memperbarui aplikasi.

BACA JUGA  Cara Mengganti Password Wifi Indihome [7 LANGKAH MUDAH] Terbaru

Permasalahan yang sering terjadi adalah mungkin ada beberapa data yang error ketika aplikasi tidak diperbarui. Pembaruan aplikasi mengatasi bug-bug tersebut.

Sebaiknya sering-seringlah melakukan update selain mengatasi eror akibat aplikasi tidak bisa dibuka. Pembaruan juga meningkatkan performa dari aplikasi itu sendiri dan mungkin ada beberapa fitur terbaru yang ditambahkan.

# Download file obb lewat aplikasinya

Cara mengatasi aplikasi terhenti pada Android selanjutnya adalah dengan cara mendownload file obb di dalam aplikasinya langsung.

Terkadang jika kamu mengunduh file obb di google bisa terjadi force close atau aplikasi tidak bisa dibuka karena file obb berbeda patch dengan aplikasinya. Maka sangan dianjurkan untuk mengunduh melalui aplikasinya langsung.

# Upgrade OS android

Aplikasi sudah banyak yang terbaru tetapi kamu masih menggunakan OS yang tipe 4.4 kitkat. Hal ini dapat mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel dengan OS kamu. Sebaiknya kamu melakukan upgrade OS.

Salah satu merk android memiliki fitur tersebut jadi lebih mudah jika ada pembaruan OS. Atau kamu bisa meng-upgrade melalui situs merk android kamu tersebut.

Tidak semua android memiliki permasalahan yang sama. Alangkah baiknya jika kamu mencoba satu demi satu agar masalah yang anda hadapi dapat terselesaikan.

Gimana, masalah sayangnya proses com.android.systemui telah terselesaikan?

Itulah cara mengatasi aplikasi telah berhenti di hp Android. Semoga dapat membantu kamu dalam menemukan solusi. Berikan pendapatmu di kolom komentar dibawah ini.

5 Comments

    1. Sip, semoga bermanfaat ~notemptation

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *