5 Cara Mengatasi Android Overheat Cepat Panas dan Boros Baterai

HP Android panas? Tapi apakah hal itu terjadi dengan sendirinya, atau apakah kalian mempunyai aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak kalian ketahui? Berikut ini cara mengatasi Android overheat menurut LambeTekno.com.

Mungkin kalian terlalu banyak membuka aplikasi, faktanya adalah, sulit untuk menentukan mengapa smartphone kalian terlalu panas.

Mungkin perangkat menjadi lamban saat panas, atau  bisa saja mati dan perlu untuk didinginkan sementara. Dengan kata lain, itu harus dihentikan.

Jadi, mari kita lihat berbagai penyebabnya dan kami akan membantu kalian menyelesaikan masalah itu.

Penyebab HP Android Cepat Panas (Overheat)

cara mengatasi android overheat

Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan android kalian cepat, maka perlu kamu ketahui penyebab dan kemudian kalian dapat mengatasi masalah tersebut.

#Penggunaan Android Berlebihan

Penyebab androidmu yang cepat panas adalah dengan penggunaan smartphone dan tablet android secara berlebihan. Misalnya ketika waktu saat kalian menjalankan sebuah game atau aplikasi terlalu berlebihan atau dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan menguras daya baterai yang kalian.

Selain itu komponen hardware android akan selalu bekerja tanpa ada jeda beberapa jam, oleh sebab itu android akan mudah panas.

Nah jika Anda ingin tahu cara mengatasi hp cepat panas saat main game, silahkan baca artikel berikut 10 cara mengatasi Android cepat panas saat main game.

#Signal Yang tidak stabil

Hal yang dapat menyebabkan android memanas adalah sinyal yang tidak stabil, ketika smartphone mencari sinyal baik itu sinyal wifi atau lainnya maka akan menjadikannya panas.

Jika pada saat kamu berada dalam suatau perjalanan yang sulit sekali mendapatkan sinyal, namun kamu memaksakan untuk mencari sinyal secara terus menerus sehingga bisa menyebabkan androidmu mudah panas.

Untuk mengatasi sinyal yang tidak stabil, silahkan baca artikel berikut 5 Tips Cara Mengatasi Android No Service.

#Aplikasi Aktif di Background

Dan mungkin itu jadi kelalaian yang sering dialami oleh semua pengguna smartphone atau tablet android, dengan membiarkan aplikasi berjalan di background merupakan hal yang kurang baik.

BACA JUGA  Tutorial Cara Logout Gmail di Android Terbaru BESERTA GAMBAR

Ketika aplikasi masih berjalan di layar dan aplikasi yang aktif juga jumlahnya banyak maka akan sangat menguras daya baterai, dengan banyaknya daya baterai yang terpakai tentu saja akan mudah panas android anda.

Oh ya untuk menghemat penggunaan baterai, silahkan baca artikel berikut 8 Cara Mengatasi Baterai Android Cepat Habis.

#Pemakaian Di Area Panas

Cara menghilangkan android cepat panas di hpmu, pemilik gadget haruslah memperhatikan lingkungan sekitar. Hendaknya anda menggunakan smartphone dan tablet untuk terhindar dari terik matahari serta suhu yang panas, hal ini merupakan faktor eksternal yang akan membuat ponsel dan tablet anda cepat sekali panas.

#Kerusakan Pada Baterai

Kemudian faktor lain yang menyebabkan android menjadi panas adalah ketika ada kerusakan pada baterai, untuk baterai yang sudah membesar maka sebaiknya cepat ganti karena akan mudah sekali habis daya baterai serta akan mudah pula panas. Bagi yang tidak tahu ciri-ciri baterai Android rusak, silahkan baca artikel berikut Ciri-Ciri Baterai HP Rusak.

Itu dia penyebab hp android overheat, nah gimana cara mendinginkan hp android yang panas? dimasukin kulkas? kan gak mungkin hehehe, nah berikut ini cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis yang bisa Anda praktekan.

Tips Cara Mengatasi Android Overheat Cepat Panas

cara mendinginkan hp Android yang panas

Ini mungkin ada beberapa tips atau cara menghindari androidmu yang mudah me manas, dengan mengatasi masalah tersebut kalian perlu menormalkan kondisi hp atau tablet yang kalian miliki, lantas bagaimana cara mengatasi android yang overheat seperti berikut.

#1. Lihat kondisi baterai

Sebagai solusi utama agar android tidak mudah panas maka anda perlu memeriksa kondisi baterai pada smartphone dan tablet android yang anda miliki, kemudian juga pada baterai yang baik adalah memiliki daya yang besar dan saya sarankan anda memilih baterai jenis Li-Po yang menurut saya lebih bagus spesifikasinya.

#2. Uninstall Aplikasi Memberatkan RAM

Kemudian solusi untuk mengatasi android yang overheat adalah dengan menghapus atau menguninstal aplikasi dan game yang memberatkan ram, sebab ketika android memiliki aplikasi yang memberatkan ram maka dapat menambah daya kinerja android menjadi berat, masalah tersebut dapat menyebabkan android kamu cepat  panas.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Android Touchscreen Tidak Berfungsi Paling TOP

Selain itu cara untuk mengatasi android yang panas dengan dua cara yaitu kalian bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak penting dan bisa juga dapat langsung menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak terpakai dan memberatkan android. dengan hal itu android kamu akan bekerja dengan ringan dan cepat.

#3. Gunakan Jaringan Stabil

HP Android panas sendiri? Mungkin jaringan yang tidak stabil adalah masalahnya. Hal Ini merupakan faktor yang menyebabkan mengapa smartphone android mudah sekali panas.

Sebenarnya ini tidak terlalu berdampak langsung namun jika dibiarkan dapat membuat suhu panas yang berlebihan. lalu ketika kamu mengalami hal ini, cara  yang baik untuk mengatasi overheating karena hal itu bisa diatasi dengan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan provider jaringan yang memiliki koneksi stabil, walaupun sinyal nya tidak terlalu kuat ya paling tidak sedang saja.

Bisa memilih jaringan provider yang mendukung koneksi tabil di daerah anda. Secara umum beberapa penyedia provider telekomunikasi menyediakan jaringan dari koneksi 3G secara menyeluruh hingga beberapa pelosok negeri.

Nah untuk mengatasi sinyal tidak stabil, silahkan baca 9 Cara Mengatasi Android Hilang Sinyal.

 #4. Jangan Gunakan Android Saat Di Charging

Cara mengatasi Android overheat yang selanjutnya adalah dengan tidak memakainya saat sedang dicas.

Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet yaitu dengan penggunaan android saat sedang dicharging, padahal hal ini tentu saja tidak baik bagi kelangsungan perangkat anda.

Lebih baik kalian menggunakan android saat tidak di cas, jika kamu menggunakan android ketika di charging hanya akan membuat perangkat android mudah panas.

Selain itu jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan baterai android akan membesar dan akan mudah habis. Jadi pastikan anda tidak menggunakan smartphone android ya ketika dicharging.

BACA JUGA  Aplikasi Lirik Lagu Offline Terbaik Untuk Android (TOP 4) TOP LIST

Kalian dapat berjaga-jaga saat hp dan tablet android yang cepat panas, kamu hendaknya melakukan perawatan dengan baik untuk menghindari hal yang berdampak buruk pada perangkat. Perawatan yang teratur dan tepat akan memberikan dampak positif dengan menjadi smartphone android lebih tahan lama ketika dipakai.

#5. Jangan Salah Pakai Kabel Charge

Cara Mengatasi Android Overheat yang ke-5 dengan memakai charger yang original. Kalian pasti pernah mengabaikan hal yang satu ini, padahal ini merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat android anda.

Ketika anda menggunakan kabel charge untuk melakukan pengisian daya baterai, pastikan juga bahwa anda melakukan pengisian dengan charge asli dan jangan pakai kabel USB.

Bagi anda yang mengisi daya baterai dengan menggunakan usb dapat membuat bagian pada port usb jadi terbakar, bahkan yang lebih parah lagi dapat terjadi korsleting arus listrik.

Hal ini disebabkan karena ke tidak cocokan antara usb charger dengan perangkat android, sebenarnya pengisian baterai sudah direkomendasikan oleh brand merk hp tersebut.

Itu dia 5 Cara mengatasi Android overheat (cepat panas) menurut LambeTekno.com.

BONUS

cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis

Min, Merk HP Android yang tidak cepat panas apa aja ya?

Nah menurut admin pribadi, tidak ada patokan merk ya, melainkan lebih ke penggunaan saja. Jadi jika kamu menggunakan hp mu sesuai dengan kemampuannya maka hp kamu tidak akan mudah panas. Namun ya ada faktor lain ya, bisa jadi karena faktor hardware dan software.

Seperti pengalaman saya ketika menggunakan hp Xiaomi Redmi 4x, awalnya terasa sangat panas sekali, namun setelah ada update-update UI, panasnya menjadi berkurang. Jadi menurut saya software juga berpengaruh besar.

Dan mungkin hanya segitu kawan,, sekian dulu kawan penjelasanya kali ini mengenai cara mengatasi Android overheat, semoga dapat memberikan solusi bagi kawan semua sehingga hp androidmu dapat diatasi dengan mudah.

Kalau kalian memiliki pertanyaan mengenai penjelasan kali ini, maka anda bisa tanyakan kepada kita melalui kolom komentar yang ada dibawah.

Leave a Reply