Apa Itu TWRP Fungsi Kelebihan dan Kekurangan

Hai kalian semua disini LambeTekno.com akan mengulas bersama-sama apasih yang dimaksud dengan TWRP mungkin sebagian dari kalian masih belum mengerti apa itu TWRP, namun mungkin sebagian dari kalian sudah memiliki hobi melakukan modifikasi atau biasanya kalian menyebutnya dengan ngoprek hp kalian.

Maka kalian pasti sudah tau apa itu TWRP dan apa gunanya TWRP, namun bagi kalian yang masih belum asing dengan TWRP atau pun sama sekali di android kalian masing-masing. Apa saja sih fitur-fitur yang terdapat pada TWRP recovery.

Nah, sebelum kita mengulasnya bersama lebih jauh mengenainya dan kegunaannya, kita perlu mengetahui tentang:

APA YANG DIMAKSUD DENGAN RECOVERY MODE

Apa Itu TWRP

Recovery mode adalah sebuah software ataupun perangkat lunak kalian yaitu berguna untuk mengatur atau melakukan sistem manajemen pada operating system smartphone kalian.

Recovery mode pada smartphone android kamu pada umumnya dapat diakses dengan melakukan cara menekan dan menahan tombol volume atas secara bersama dengan menekan tombol power pada smartphone kalian dalam keadaan mati. Dengan kata lain android kalian akan menyala pada recovery mode.

Mungkin recovery mode sendiri pada setiap merk hp dan tipe-tipe smartphone memiliki perintah tersendiri dan tampilan yang berbeda-beda, tergantung recovery mode versi yang ke berapa yang dipakai oleh smartphone itu sendiri. Kalau recovery bawaan dari pusat pabrik disebut dengan  stock recovery.

APA ITU TWRP ANDROID

TWRP adalah (Team Win Recovery Project) disingkat TWRP, dimana user ataupun kelompok pengembang malakukan perancangan pada sistem recovery mode android untuk mempermudah para user yang melakukan pemulihan maupun instalasi os yang bersifat terbuka.

Dan dapat dioperasikan dengan cara disentuh (touchscreen) tanpa menggunakan tombol  volume dan power ataupun home untuk menggunakan ataupun dan mengeksekusi menu yang dipilih (setelah masuk dalam recovery mode) twrp itu sendiri juga  merupakan seperti recovery bawaan pabrik.

Namun custom recovery yang bernama TWRP juga memiliki beberapa fitur yang banyak seperti yang memiliki beberapa fungsi penting bagi user android yang suka memodifikasi sistem dari android itu sendiri, ataupun user memiliki pemikiran berbeda untuk mengubah custom rom pada smartphone mereka.

TWRP mempunyai tampilan yang sudah didukung dengan costum ROM, add-ons, karnel, (GAPPS), mods yang lain, sudah di dukung dengan backup, system, boot, restore, data, user, cache, penyimpanan internal, dan dalvik cache dan juga bisa untuk menstransfer file melalui MTP, file manager, dan terminal emulator dan masih banyak lagi kegunaannya.

Tampilan utama pada menu TWRP recovery

Pada menu utama dari TWRP kita dapat melihat tampilan yang sederhana tapi tergantung dengan design dari smartphone kalian, pada halaman utama terdapat delapan tombol menu yaitu: install, wipe, backup, restore, mount, setting, advance, dan yang terakhir yaitu reboot.

Sebelum sobat bertanya cara menggunakan TWRP untuk root itu gimana, sobat perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang ada pada TWRP ini.

Pada TWRP ada 4 pilihan menu reboot:

  1. Reboot system berguna untuk melakukan restart smartphone kalian seperti semula atau normal.
  2. Power for untuk mematikan smartphone android kalian.
  3. Reboot recovery berfungsi melakukan restart ke mode recovery.
  4. Reboot bootloader berfungsi untuk melakukan restart ke droidboot atau SCS mode.

Mungkin itulah sedikit yang bisa kami ulas tentang apa itu TWRP, semoga berguna bagi kalian yang masih bingung dengan sistem tersebut semoga tips diatas berguna bagi kalian.

Demikian tips dari kami yang dapat disampaikan, bila dari kalian masih kebingungan dan masih belum mengerti kalian bisa menambah pada kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah ini. Terima Kasih.

Leave a Reply